MAKAM DATUK PAKKALIMBUNGAN

22.57 Posted In Edit This 4 Comments »
Makam ini terletak di Kelurahan Bontosunggu Kecamatan Bissappu, sekitar 2 km dari ibukota Bantaeng, makam ini masih terawat dan banyak dikunungi oleh masyarakat di dalam maupun diluar kabupaten, dari jalan dekat Kantor Camat Bissappu, para pengunjung yang data harus memarkir kendaraanya sekitar 700 meter sebelu, sampai di lokasi makam. Setelah itu mereka yang datang ke sana biasanya untuk berziarah atau melepas nazar.
Setiap hari, makam I ni ramai dikunjungi orang pada hari minggu, para pengunjung yang dating sangat antusias bahkan jumlahnya mencapai ratusan orang. Mereka dating bersama keluarganya diwaktu pagi dan pulang pada siang atau sore hari. Datuk Pakkalimbungan mempunyai nama asli yaitu Syekh Muhammad Amir, pada masa hidupnya pada tahun 1912 beliau adalah seorang muballiq besar dan sangat dikagumi oleh masyarakat sekitar Bantaeng. Sebenarnya di Bantaeng pernah ada beberapa Muballiq besar diantaranya Syekh Nur Baharuddin di Masjid Taqwa Tompong pada tahun 1889 dan Syekh Tuan Abdul Gani di Bissampole pada tahun 1800.
Ironisnya tempat Makam Datuk Pakkalimbungang yang masyarakat sering menyebutnya Dg Toa ini masih dijadikan tempat untuk meminta sesuatu diakibatkan karena kurangnya pengetahuan agama yang dimilikinya hal inilah yang membuat sebagian masyarakat Bantaeng merasa cemas dengan perilaku ini yang agak menyimpang dengan agama islam.
Untuk mengetahui lebih dekat makam dari Datuk Pakkalimbungang ini anda dapat berkunjung kesana tanpa hari-hari tertentu…

4 komentar:

Djmarah mengatakan...

ini hanya sebuah pertanyaan untuk anda siapa nama sebenar dg toa atau datuk......

khaerul iman mengatakan...

Bro maaf cuma sedikit masukan... tulisannya banyak yang kehilangan huruf.............

ale jharre mengatakan...

Promosi Pariwisata merupakan salah satu cara untuk menarik minat para wisatawan khususnya para investor yg ingin berinvestasi di suatu Daerah.
Salut buat Kabupaten Banteng...!!!
Cukup nambah saran & Kritikan Bro :
- Saran : Terus berkarya dan membangun Kab. Bantaeng.
- Kritikan : Sebelum menerbitkan tulisannya, supaya diteliti & diperiksa ulang kembali. Krn sy liat disini, banyak tulisan yg terbalik & hilang Hurufnya.
Itu aja, Trimks.

Succes...!!!
By_ Ichal. AG "Ale".

Imam NUsantara mengatakan...

Siapa sbnarnya beliau syaikh amir, asalnya drimana apakah bliau asli bantaeng atau ulama pendatang? Lalu siapa keturunannya??