MESJID TUA TAQWA TOMPONG

21.13 Edit This 0 Comments »
Mesjid Taqwa Tompong adalah termasuk salah satu Masjid yang tertua atau mesjid kuno di Kabupaten Bantaeng dengan menyimpan nilai sejarah yang cukup banyak. Mesjid ini terletak di Kelurahan Letta Kecamatan Bantaeng sekitar 100 meter dari kota Bantaeng, memiliki luas area tanah wakaf seluas 857 meter persegi.
Sekilas tentang Mesjid kuno ini yang mana memiliki atap yang berbentuk tumpang tiga, bangunan induknya terdiri dari penampil dan tubuh mesjid, dinding mesjid dibagian utara, selatan dan barat terbuat dari tembok yang mempunyai ventilasi udara dari roster porselin berwarna hijau, dnding mesjid di bagian Timur terdiri dari empat pilar dengan gaya arsitektur Eropa. Tubuh mesjid terdiri dari tembok dengan 5 buah pintu masuk dan 6 buah jendela, diatas tiap pintuk masuk terdapat hiasan Kaligrafi Al-Qur’an, didalam tubuh mesjid terdapat 4 buah soko gutu berukuran 80 x 80 cm sebagai penopang atap, pada puncak mesjid terdapat mustak yang terbuat dari keramik masa Dinasti Ming, sedangkan di dalam mesjid terdapat pula mimbar untuk berkhotbah yang terbuat dari kayu bayam dengan relief da kaligrafi.
Dihalaman Timut mesjid terdaoat 2 buah gapura pintu masuk berbentuk setengah lingkaran, disebeah kiri dan kanan gapura terdapat 2 buah kolam untuk tempat berwudhu dimana satu diantaranya ditutup dengan penutup yang berbentuk kubah. Konon Mesjid Tompong ini dibangun pada tahun 1887 atas prakarsa Raja Bantaeng araeng Panawang bersama Adaat 12. Pada waktu itu seorang dermawan yang bernama La Bandu yang berasal dari Kabupaten Wajo menetap di Bantaeng, beliaupun membangun Mesjid ini, untuk membangun Mesjid ini didtangkan seorang arsitek bernama La Pangewa dari Kabupaten Bone.
Dari masa kemasa Mesjid ini masih berdiri kokoh sampai sekarang degan jamaah yang ratusan. Jadi jika anda berkunjung ke Bantaeng Jangan lupa melihat atau singgah di Mesjid ini untuk dapat melihat nilai religius dari Masjid ini. Dijamin dapat memberikan kepuasan batin dalam mengenal kekuasan Allah SWT….Aminnnn.

0 komentar: